Pages

Translate

Sabtu, 17 November 2012

TENTANG PIANO


          Piano adalah sebuah instrumen musik atau alat musik akustik yang berbunyi karena senar atau dawai yang dipukul oleh palu. Suaranya berupa dentingan yang terdengar sangat indah. Piano merupakan salah satu alat musik yang bisa dibilang baru, karena piano baru ditemukan pada abad ke-18. Seiring berjalanya waktu, piano semakin berkembang dan akhirnya piano modern disempurnakan hingga saat ini. Saat ini, piano digital (bukan keyboard atau synthesizer) banyak ditemukan di caf caf atau pada tempat-tempat konser dan teater. piano digital sudah tidak digerakkan hanya oleh seorang pianis saja, tetapi piano ini dapat bermain sendiri. Ini berarti tuts-tuts piano tertekan sendiri dan martil pun memukul senar piano dengan sendirinya.
          Piano dapat dimainkan secara solo maupun dalam grup. Dimainkan secara solo atau di dalam grup, suara piano tetap sama enaknya. Biasanya piano dimainkan solo untuk mengiringi seorang penyanyi, atau dimainkan bersama dalam sebuah band pop, jazz, atau blues. Tetapi sekarang piano juga sudah menjadi bagian dari band-band rock maupun hip-hop dan RnB.
          Ada dua jenis piano, yaitu upright piano dan grand piano. perbedaan utamanya adalah dari bentuknya. Upright piano biasanya lebih banyak ditemukan karena bentuknya yang kompak dan praktis. Piano ini lebih diminati juga karena harganya lebih murah ketimbang grand piano. Grand piano biasanya ditemukan dalam konser-konser piano yang diadakan pada teater-teater musikal ataupun rumah-rumah yang besar. Jelas disebabakan oleh ukuran grand piano yang relatif besar dan harganya yang lumayan mahal. suara dari grand piano lebih jernih dan lebih keras dibandingkan suara yang dihasilkan oleh upright piano.
          sekian dari saya, semoga bermanfaat.
By : Windu Airlangga

0 komentar:

Posting Komentar